Breaking News

Meninggal Dunia

Panduan Cara Bermain DomiNations

Game DomiNations mengusung konsep seperti Clash of Clans namun menambahkan berbagai unsur tambahan yang cukup menarik dibanding game sejenis. Hal ini membuat kamu yang telah terbiasa di CoC tidak akan terlalu kesulitan untuk memulai.

Berikut adalah panduan dasar cara bermain game DomiNations yang bisa kamu ikuti untuk mulai membangun kebudayaanmu.

Panduan DomiNations

1. Cara mendapatkan Gold.
Ada berbagai cara untuk mendapatkan gold di game ini. Mulailah dengan berburu Kelinci (Bunny) dan Rubah (Fox) lalu kemudian menambang emas.
Atur tata letak base kamu agar semua bangunan dapat terhubung dengan Town Center karena semakin banyak bangunan yang terhubung, semakin besar bonus coin yang kamu dapat.
Jangan lupa cek stock barang di Market secara rutin, jika sudah cukup, bisa kamu jual untuk mendapatkan tambahan Gold.

2. Jangan biarkan para pekerja menganggur. Tugaskan mereka untuk membangun, mengupgrade, berburu, dan lain-lain agar proses perkembangan markasmu terus berjalan.

3. Bersihkan hutan setiap ada kesempatan. Keuntungan yang kamu dapat dari membersihkan hutan adalah bertambahnya lahan yang dapat digunakan untuk membangun. Selain itu, kamu juga akan mendapat berbagai item dan bonus dari setiap lokasi hutan yang telah dibersihkan.

4. Fokuslah pada membangun dan mengupgrade bangunan pendukung, jangan terlalu terburu-buru untuk mengupgrade Town Center. Pastikan untuk mengupgrade semua bangunan pendukung secara maksimal sebelum mengupgrade Town Center dan masuk ke zaman berikutnya.
Jangan lupa gunakan fasilitas Free Time Boost saat proses pembangunan/upgrade tersisa 5 menit.

5. Pintar-pintarlah mengatur para pekerja secara maksimal. Saat kamu sedang bermain, tugaskan para pekerja untuk berburu, memanen, dan mengumpulkan item. Pekerjaan-pekerjaan tersebut hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik. Setelah kamu akan berhenti bermain, baru tugaskan mereka untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan waktu lama.

6. Atur markas agar memiliki pertahanan terbaik. Kamu tidak akan bisa melindungi semua bangunan, jadi fokuslah pada bangunan-bangunan yang vital. Tempatkan pertahanan di sekitar Town Center lalu lindungi dengan pagar agar mampu bertahan lebih lama saat diserang musuh.

7. Pelajari cara kerja dan gerakan pasukan saat menyerang, tiap-tiap jenis pasukan memiliki kelemahan, kelebihan, dan target favorit. Kombinasikan mereka untuk membentuk pola penyerangan yang optimal.

8. Bangunan-bangunan pertahanan yang sedang diupgrade tidak akan berfungsi, jadi usahakan mengupgrade pertahanan saat markas kamu sedang memiliki Peace Treaty sehingga tidak bisa diserang musuh.

9. Secara pribadi saya menyarankan untuk fokus pada looting di awal-awal. Saya tidak terlalu memperdulikan medali, jadi saat menyerang saya tidak peduli hasilnya menang atau kalah, yang penting dari hasil penyerangan tersebut saya bisa mendapatkan hasil rampasan (Makanan dan Emas) yang maksimal.
Dalam CoC, trik ini disebut Farming. Yaitu fokus pada resources.

Yups, itulah 9 panduan dasar bermain DomiNations yang bisa kamu coba. Punya tips dan trik untuk dibagikan kepada pembaca lain? Tuliskan di kolom komentar ;)